Langsung ke konten utama

RAHASIA KEBAHAGIAAN HIDUP DAN KESELAMATAN JIWA


Sudahkah anda mendengar tentang EMPAT HUKUM ROHANI???
RAHASIA KEBAHAGIAAN HIDUP DAN KESELAMATAN JIWA..
Sebagaimana ada hukum-hukum alam yang mengatur alam ini, demikian juga ada hukum-hukum rohani yang mengatur hubungan saudara dengan Tuhan Allah.
1.      HUKUM YANG PERTAMA
TUHAN ALLAH MENGASIHI SAUDARA DAN MEMPUNYAI RENCANA YANG INDAH BAGI HIDUP SAUDARA.
Ø  KASIH ALLAH
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” Yohanes 3:16
Ø  RENCANA ALLAH
(kristus  berkata), Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala    kelimpahan.” Yohanes 10:10b

Apakah sebabnya banyak orang tidak pernah mengalami kehidupan yang berkelimpahan dan penuh kebahagiaan ini??
Sebab..
2.      HUKUM KEDUA
MANUSIA PENUH DOSA DAN TERPISAH DARI TUHAN ALLAH, SEHINGGA IA TIDAK DAPAT MENGETAHUI DAN MENGALAMI KASIH DAN  RENCANA ALLAH BAGI HIDUPNYA.

MANUSIA PENUH DOSA
Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah”
                                                                                          Roma 3:23
Manusia diciptakan untuk bersekutu dengan Tuhan Allah , akan tetapi karena kekerasan hatinya, ia memilih jalannya sendiri sehingga persekutuaannya dengan Tuhan Allah terputus.
Menurut alkitab, kekerasan hati untuk memilih jalan sendiri dan ingin bebas dari Tuhan Allah disebut dosa, dan diwujudkan baik dengan sifat melawan maupun dengan sikap masa bodoh.

MANUSIA TERPISAH DARI TUHAN ALLAH
Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. Roma 6:23

Tuhan Allah Maha suci sedangkan manusia penuh dosa. Karena itu ada satu jurang pemisah antara Tuhan Allah dengan manusia. Manusia selalu berusaha untuk mencari Tuhan Allah dan kehidupan yang penuh kebahagiaan melalui usahanya sendiri yaitu kehidupan yang baik, etika, filsafat, dan lain-lain, namun gagal disebabkan karena dosanya.

Hukum yang ketiga memberikan kita jalan keluar dari kesulitan ini.
3.      HUKUM YANG KETIGA
YESUS KRISTUS ADALAH SATU-SATUNYA JALAN KESELAMATAN YANG DITENTUKAN OLEH TUHAN ALLAH UNTUK KEAMPUNAN DOSA MANUSIA. MELALUI DIA SAUDARA DAPAT MENGETAHUI DAN MENGALAMI KASIH DAN RENCANA ALLAH BAGI SAUDARA.

KRISTUS MATI BAGI KITA
Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa. Roma 5:8

KRISTUS BANGKIT PULA DARI KEMATIAN
“......,Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci,
1bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;...Ia telah menampakkan diri kepada Kefas dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya.
Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus.”
                                                                                                                        1 Korintus 15:3-6

KRISTUS ADALH SATU-SATUNYA JALAN
“Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”  Yohanes 14:6

Allah telah menjembati jurang pemisah antara manusia dengan diri-Nya dengan mengirimkan anak-Nya, Yesus Kristus, untuk mati di kayu salib menggantikan kita.

Tidak cukup hanya mengetahui hukum ini...

4.      HUKUM YANG KEEMPAT
KITA HARUS MENERIMA YESUS KRISTUS MENJADI JURU SELAMAT DAN TUHAN KITA DENGAN MENGUNDANGNYA SECARA PRIBADI. DENGAN DEMIKIAN KITA DAPAT MENGETAHUI DAN MENGALAMI KASIH DAN RENCANA ALLAH BAGI HIDUP KITA.

KITA HARUS MENERIMA KRISTUS
Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;  Yohanes 1:12

KITA MENERIMA KRISTUS DENGAN IMAN

“Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.”
                                                                                                                                                      Efesus 2:8-9

KITA MENERIMA KRISTUS DENGAN MENGUNDANGNYA SECARA PRIBADI
(Kristus berkata), “Lihat, aku berdiri di muka pintu dan mengetuk; jikalau ada orang yang mendengar suaraKu dan membukakan pintu, aku akan masuk mendapatkannya.....”
                                                                                                                        Wahyu 3:20
Menerrima kristus berarti berpaling dari diri sendiri kepada Tuhan Allah, serta menyerahkan seluruh pribadi kita yaitu akal budi, perasaan dan kemauan. Karena itu tidak cukup hanya mengerti ajaran Kristus dengan akal kita saja atau menanggapinya berdasarkan perasaan semata-mata; kita harus mengambil tindakan berdasarkan kemauan kita untuk menyerahkan setiap segi kehidupan kita dikuasai oleh Yesus Kristus.

SEBAGAI TINDAKAN KEMAUAN SAUDARA DAPAT MENERIMA KRISTUS SEKARANG INI DENGAN DOA BERDASARKAN IMAN.
Bedoalah dengan kata-kata saudara sendiri. Tuhan Allah mengetahui isi hati saudara dan tidak bergantung pada kata-kata saudara. Berikut ini adalah salah satu saran doa:
“Tuhan Yesus, saya memerlukan Dikau. Saya membuka pintu hatikudan menerima Dikau sebagai Juruselamat dan Tuhanku. Trima kasih karena Tuhan telah mengampuni dosa-dosaku. Kuasailah tahta hatiku. Bentuklah saya menjadi seorang pribadi yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Amin.”

BAGAIMANA SAUDARA DAPAT MENGETAHUI BAHWA KRISTUS TLAH BERADA DALAM HATI SAUDARA:
Apakah saudara telah mengundang Kristus masuk dalam hati saudara pada waktu saudara berdoa? Kalau demikian sesuai dengan janjiNya dalam wahyu 3:20 dimanakah Dia sekarang? Kristus berjanji bahwa Ia akan masuk ke dalam hidup saudara ketika saudara mengundangNya dalam doa saudara. Mungkinkah Dia tidak menepati janjiNya? Bagaimana saudara mengetahui bahwa Ia menjawab doa saudara?( karena Allah senantiasa setia pada janji-janji dalam firmanNya).

ALLAH MENGARUNIAKAN HIDUP KEKAL KEPADA SEMUA ORANG YANG MENERIMA KRISTUS:
Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya.Barangsiapa memiliki Anak, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup. Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal.
                                                                                                                        1 Yohanes 5:11-13

Bagaimana tentang perasaan?
JANGAN BERGANTUNG PADA  PERASAAN
Jaminana iman kita bukanlah perasaan-perasaan kita yang dapat berubah-ubah melainkan janji-janji Kristus. Orang Kristen hidup karena imannya kepada Tuhan dan Firman-Nya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUMPULAN LIRIK LAGU ROHANI TORAJA

1.    PUANG YESUS LALAN KASALAMARAN Cipt. Lukas Palimbong         Puang Yesu lalan kasalamaran        Pa tonganni tu PUANG ta 2.        Kedikilalai attu katuoan lan lino Susiri riu tuo dao lu bubungan Sanggattu’ri anna malayu Ke naarrangmi allo Nairi’ angin pealloan Susi duka tu kita la ma’rupa tau Tae’na marendeng tontong saelakona Yesu lalan kasalamaran Suruga inan marendeng Katuoan ponno kasannangan O PUANG perangngimi Tu mintu’ pengkamoyaki PUANG da’ammi sa’biangankan Tontong bang kirannuan Karitutuikan PUANG da’ki lumingka sala Parinayakan PUANG Belanna mitandai... Kami te tau to malamma O PUANG tunduikan Mirendenni tu limangki tama inan marendeng     2.    PUANG-KI YESU     PUANGki YESU, PUANGki YESU     Da'Mi sa’biangankan, da'Mi bela untampekan     Tontong koMI urrondongkan O PUANG YESU kamaseikan Inang kamu manna tu PUANG Tu la kinai ma’ passare Totemo sae lakona    3.     TO MANGLAA

Lirik lagu TORAJA MAKARORRONG BANUANTA

Ma'pamora e siulu' mura'bunan kalemu.. Masai allo dio padangna tau.. Apamora e siulu' laku pokada kemekutanai tu tau lako kaleku Mui mambela lalanmu ulleanni buntu.. Tontongko unningaran tondokmu.. Musa'dingraka siulu mali' penangku kekukilalai ton ta bitti' sangbara'.. Tiroi banuanta lendu' makarorrong Tiroi banuanta la kariuanmo.. Apamo lakurannui.. Musa'dingraka sarro mali'ku Lendu tongan masena tu penangku ke kukilalai tonta bitti' sangbara'..pamora e siulu' mura'bunan kalemu.. Masai allo dio padangna tau.. Apamora e siulu' laku pokada kemekutanai tu tau lako kaleku Mui mambela lalanmu ulleanni buntu.. Tontongko unningaran tondokmu.. Musa'dingraka siulu mali' penangku kekukilalai ton ta bitti' sangbara'.. Tiroi banuanta lendu' makarorrong Tiroi banuanta la kariuanmo.. Apamo lakurannui.. Musa'dingraka sarro mali'ku Lendu tongan masena tu penangku ke kukilalai tonta b

KUMPULAN LAGU-LAGU ROHANI SEKOLAH MINGGU [part 3]

1.     Ada Orang Buta Ada orang buta duduk minta-minta Tiap-tiap hari di pinggir jalan Pada suatu hari Yesus melalui Kar’na kasih Tuhan sembuh matanya Sembuh matanya, sembuh matanya Kar’na kasih Tuhan sembuh matanya Sembuh matanya, sembuh matanya Kar’na kasih Tuhan sembuh matanya 2.     Jangan Kamu Kuatir Jangan kamu kuatir Burung di udara Dia p’lihara Jangan kamu kuatir Apa yang kamu makan minum pakai Jangan kamu kuatir Bapa di sorga mem’lihara 3.     Yesus Itulah Satu-Satunya Yesus itulah satu-satunya Penolongku yang sungguh Ia berjanji akan kembali Angkat kita semua Ooh haleluya, puji Tuhan! upahMu besar di sorga 4.       Hati Senang Hati senang) 3x Di dalam Tuhan Bersukacita selalu Berdoa senantiasa Ucapkanlah syukur Dalam s’gala perkara 5.         Tambah Hari Tambah hari tambah cinta Yesus Tambah hari tambah ku percaya Tambah hari tambah ku benci dosa Tambah hari tambah ku setia 6.       Ha