Langsung ke konten utama

Contoh RPP Kurikulum 2013 revisi 2017

PEMERINTAH KABUPATEN MIMIKA
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 MIMIKA
Alamat : Jl.Tipuka Kel.Wania Mapurujaya



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2017-2018

NamaSekolah             : SMK Negeri 2 Mimika
Mata Pelajaran            :Agribisnis ternak Unggas Pedaging
Kelas/Semester           : XI  / Gasal
MateriPokok                : Sanitasi Kandang dan Peralatan
AlokasiWaktu              : 8 x 45 Menit ( 2 x Pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
KI (3): Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Agribisnis Ternak Unggas pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Agribisnis Ternak Unggas. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.     KompetensiDasardanIndikatorPencapaianKompetensi
3.1 Menerapkan  persiapan kandang dan alat untuk pemeliharaan   unggas pedaging
Indikator :
1)                  Menerapkan persiapan sanitasi kandang dan peralatannya
2)                   menyiapkan kandang indukan (brooding) untuk  DOC
4.1   Melakukan   persiapan kandang dan alat untuk pemeliharaan   unggas pedaging.


Indikator :
·                     Melakukan   persiapan kandang dan alat
·                     Membuat kandang indukan (brooding) untuk  DOC

C.     TujuanPembelajaran   
1)     Melalui diskusi,  menggali informasi,  peserta didik dapat:

a.    Menentukan bahan-bahan sanitasi sanitasi kandang dan peralatannya pada budidaya ternak unggas pedaging dengan menggunakan bahan dan peralatan yang tepat serta cara sanitasi yang benar sesuai dengan prosedur.
b.    Menghitung dosis  bahan-b  sanitasi kandang dan peralatannya pada budidaya ternak unggas pedaging dengan tepat  sesuai dengan prosedur.
c.     Menentukan peralatan sanitasi yang digunakan pada pemeliharaan unggas pedaging dengan tepat
d.    Melaksanakan sanitasi kandang dengan tepat

2)   Melalui diskusi,  menggali informasi,  peserta didik dapat:

a.         Menentukan jenis-jenis peralatan yang dibutuhkan kandang indukan (brooding) untuk anak unggas pedaging (DOC) yang baru datang dengan benar
b.         Menghitung kebutuhan luas kandang brooding dengan benar
e.          Merangkai kandang indukan dengan benar

3)            Disediakan bahan-bahan  sanitasi kandang dan peralatan untuk ayam pedaging, diharapkan peserta didik dapat menentukan bahan-bahan sanitasi kandang dan peralatanyang digunakan  dengan baik dan benar
4)            Disediakan peralatan kandang dan peralatan untuk ayam pedaging, peserta didik diharapkan dapat melakukan sanitasi kandang dan peralatan dengan baik dan benar
5)            Disediakan SOP sanitasi kandang dan peralatan, peserta didik dihaarapkan dapat melakukan sanitasi kandang dan peralatan dengan tepat
6)            Disediakan peralatan kandang indukan, peserta didik diharapkan dapat membuat kandang indukan dengan baik benar
7)            Disediakan peralatan kandang indukan, peserta didik diharapkan dapat mengoperasikan kandang indukan dengan  benar

D.     MateriPembelajaran
Materi pembelajaran sebagai berukut :
1.     Sanitasi Kandang, Peralatan, dan Lingkungannya
2.     Peralatan sanitasi
3.     Cara melakukan sanitasi kandang dan peralatannya
4.     Menyiapkan kandang indukan
5.     Cara mengoperasikan kandang indukan
Materi pembelajaran terlampir

E.      Pendekatan, Metodedan Model Pembelajaran
1.    Pendekatan            : Saintifik
2.    Metode                  : Diskusi, Tanya Jawab, praktek dan penugasan
3.    Model                    : Problem Based Learning.

F.      AlatdanMedia Pembelajaran
1.    kandang
2.    peralatan kandang
3.    bahan dan alat sanitasi
4.    LCD Proyektor.

G.   SumberBelajar
1.    Anonim.Buku Teks Bahan Ajar Siswa Kelas XI.  Agribisnis Unggas Pedaging.  Kurikulum 2013



H.     LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuanke- 1

NO
KEGIATAN BELAJAR
WAKTU
KET

a.

KegiatanPendahuluan
1.         Membukadanmemulaipembelajarandengansalamdanberdo’a.
2.         Menyampaikan tujuandankompetensi yang harusdikuasai para pesertadidik.
3.         Membagikelompokkerja ( Pokja )

10.’


b.
Kegiatan Inti
Mengamati
·    Guru menyampaikan permasalahan tentang penyebab bobot badan ayam tidak standar, dan penyebab ayam pedaging terserang penyakit sehingga(performans) tidak standart terutama yang berhubungan dengan sanitasi kandang dan peralatan
·    Guru menanyakan dan menugaskan untuk mengobservasi apa yang menyebabkan  ayam terserang penyakit  sehingga performan tidak standart terutama yang berkaitan dengan persiapan kandang dan peralatan
·    Siswa memperhatikan permasalahan yang disampaikan oleh guru.
·    Siswa secara berkelompok mengobservasi kondisi ayam pada kandang yang tidak disanitasi dengan benar. Dan siswa juga diajak ke kandang  yang kondisinya terkontrol dengan baik
·    Siswa membuat perbandingan hasil perfomans ayam dari kedua kandang tersebut 
·       Siswa menggali informasi  tentang fakor yang menjadi penyebab ayam terserang penyakit. Sehinggga performans tidak standart
·   siswamendiskusikan bagaimana cara agar ayam tidak mudah terserang penyakit sehingga performans tidak tercapai  terutama yang berkaitan dengan persiapan kandang dan peralatan

·   Berdasarkan hasil diskusi siswa mengidentifikasi kemungkinan-kemungkinan penyebab performa ayam tidak standard terutama yang berkaitan dengan persiapan kandang dan peralatan

MENANYA
·   Guru menugaskan siswa untuk mencari informasi penyebab utama ayam terserang penyakit sehingga  performa ayam  tidak standart  terutama yang berkaitan  dalam persiapan kandang dan peralatan
  Siswa dalam kelompok berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya menentukan factor utama penyebab suatu penyakit dan langkah-langkah mengatasinya terutama yang berkaitan  dalam persiapan kandang

MENGUMPULKAN INFORMASI
·          Guru menugaskan siswa untuk mencari langkah-langkah yang dilakukan untuk pencegahan penyakit pada ayam dan memperbaiki performa ayam pedaging yang meliputi persiapan kandang dan peralatan
·          Siswa mempelajari cara persiapan kandang dan peralatan yang meliputi :
       Jennies bahan sanitasi kandang, sifat-sifat bahan sanitasi, peralatan sanitasi, cara melakukan sanitasi  dan juga jenis-jenis peralatan kandang yang dibutuhkan , menghitung kebutuhan luas kandang dan merangkai kandang indukan 
·             Guru menugaskan siswa membuat kandang brooding.
·             Siswa merangkai kangang indukan dan peralatan.
·             Siswa mengoperasikan kandang indukan
         Guru mengawasi dan menilai kegiatan yang dilakukan oleh siswa

MENYIMPULKAN
·  Guru menugaskan siswa untuk melakukan latihan dalam penyiapan kandang
·  Siswa melakukana latihan dalam pembuatan kandang indukan.
    Siswa menyimpulkan hasil kegiatan yang dilakukan.


MENGKOMUNIKASIKAN
·       Guru menugaskan siswa untuk mempresentasikan hasil yang diperoleh
·       Siswa membuat bahan presentasi  tentang persiapan kandang dan peralatan
·       Siswa mempresentasikan tentan penerapan persiapan kandang dan peralatan
·       Guru membimbing dan menilai pelaksanaan presentasi
·       Siswa lain memberikan tanggapan dan masukan
·       Siswa memperbaiki hasil presentasi .
·       Siswa secara individu membuat laporan pelaksanaan perbaikan t.
       Guru bersama siswa menyimpulkan dari hasil pelaksanaan presentasi   melakukan persiapan kandang dan peralatan dalam pemeliharaan unggas pedaging



160


c.

KegiatanPenutup
1.         Sis
2.         wamelakukanpembersihanperalatan, media danruangan
3.         Refleksitentangkegunaandanmanfaat yang diperolehdarimateripokok yang barusajadidiskusikandandidemontrasikan
4.         Materipertemuanberikutnya,  yaitu  memelihara ayam periode starter
5.         Mengakhiripembelajarandengansalamdanberdo’a.


20’




I.         PenilaianPembelajaran, Remedial danPengayaan
1.     InstrumendanTeknikPenilaian
a)       Teknikpenilaian
1)       Testertulis (terlampir)
2)       Penugasan (terlampir)
3)       Tespraktik / unjukkerja (terlampir)

b)       Instrumen
1)       Soaltestertulis (terlampir)
2)       Lembartugasdanlembarpenilaian (terlampir)
3)       Lembarsoalparaktikdanlembarunjukkerjasiswa (terlampir)
2.     AnalisisHasilPenilaian
Terlampir




                      
Mengetahui
KepalaSekolah

Timika i,  5 Mei  2017
Guru Mata Pelajaran


OBET E. MANO
NIP.



DORCE SAMPE, S.Pt
19771208 200909 2 001


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUMPULAN LIRIK LAGU ROHANI TORAJA

1.    PUANG YESUS LALAN KASALAMARAN Cipt. Lukas Palimbong         Puang Yesu lalan kasalamaran        Pa tonganni tu PUANG ta 2.        Kedikilalai attu katuoan lan lino Susiri riu tuo dao lu bubungan Sanggattu’ri anna malayu Ke naarrangmi allo Nairi’ angin pealloan Susi duka tu kita la ma’rupa tau Tae’na marendeng tontong saelakona Yesu lalan kasalamaran Suruga inan marendeng Katuoan ponno kasannangan O PUANG perangngimi Tu mintu’ pengkamoyaki PUANG da’ammi sa’biangankan Tontong bang kirannuan Karitutuikan PUANG da’ki lumingka sala Parinayakan PUANG Belanna mitandai... Kami te tau to malamma O PUANG tunduikan Mirendenni tu limangki tama inan marendeng     2.    PUANG-KI YESU     PUANGki YESU, PUANGki YESU     Da'Mi sa’biangankan, da'Mi bela untampekan     Tontong koMI urrondongkan O PUANG YESU kamaseikan Inang kamu manna tu PUANG Tu la kinai ma’ passare Totemo sae lakona    3.     TO MANGLAA

Lirik lagu TORAJA MAKARORRONG BANUANTA

Ma'pamora e siulu' mura'bunan kalemu.. Masai allo dio padangna tau.. Apamora e siulu' laku pokada kemekutanai tu tau lako kaleku Mui mambela lalanmu ulleanni buntu.. Tontongko unningaran tondokmu.. Musa'dingraka siulu mali' penangku kekukilalai ton ta bitti' sangbara'.. Tiroi banuanta lendu' makarorrong Tiroi banuanta la kariuanmo.. Apamo lakurannui.. Musa'dingraka sarro mali'ku Lendu tongan masena tu penangku ke kukilalai tonta bitti' sangbara'..pamora e siulu' mura'bunan kalemu.. Masai allo dio padangna tau.. Apamora e siulu' laku pokada kemekutanai tu tau lako kaleku Mui mambela lalanmu ulleanni buntu.. Tontongko unningaran tondokmu.. Musa'dingraka siulu mali' penangku kekukilalai ton ta bitti' sangbara'.. Tiroi banuanta lendu' makarorrong Tiroi banuanta la kariuanmo.. Apamo lakurannui.. Musa'dingraka sarro mali'ku Lendu tongan masena tu penangku ke kukilalai tonta b

KUMPULAN LAGU-LAGU ROHANI SEKOLAH MINGGU [part 3]

1.     Ada Orang Buta Ada orang buta duduk minta-minta Tiap-tiap hari di pinggir jalan Pada suatu hari Yesus melalui Kar’na kasih Tuhan sembuh matanya Sembuh matanya, sembuh matanya Kar’na kasih Tuhan sembuh matanya Sembuh matanya, sembuh matanya Kar’na kasih Tuhan sembuh matanya 2.     Jangan Kamu Kuatir Jangan kamu kuatir Burung di udara Dia p’lihara Jangan kamu kuatir Apa yang kamu makan minum pakai Jangan kamu kuatir Bapa di sorga mem’lihara 3.     Yesus Itulah Satu-Satunya Yesus itulah satu-satunya Penolongku yang sungguh Ia berjanji akan kembali Angkat kita semua Ooh haleluya, puji Tuhan! upahMu besar di sorga 4.       Hati Senang Hati senang) 3x Di dalam Tuhan Bersukacita selalu Berdoa senantiasa Ucapkanlah syukur Dalam s’gala perkara 5.         Tambah Hari Tambah hari tambah cinta Yesus Tambah hari tambah ku percaya Tambah hari tambah ku benci dosa Tambah hari tambah ku setia 6.       Ha