SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah : SMK
Katolik Tunas Bangsa Timika
Bidang Keahlian : Semua
Bidang Keahlian
Kompetensi Keahlian : Semua
Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran :
Simulasi dan Komunikasi Digital
Durasi (Waktu) : 108 JP
Kelas/Semester : X
KI-3 (Pengetahuan) : Memahami,
menerapkan, menganalisis,
dan mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual,
konseptual, operasional dasar,
dan metakognitif sesuai dengan
bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig) pada tingkat teknis,
spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja
yang lazim dilakukan serta memecahkan
masalah sesuai dengan lingkup Simulasi
dan Komunikasi Digital (Simdig). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan
dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi,
kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah
konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Materi
Pokok
|
Alokasi Waktu (JP)
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
3.1 Menerapkan logika dan algoritma
komputer
4.1 Menggunakan fungsi-fungsi Perintah
(Command)
|
3.1.1
Menjelaskan konsep logika.
3.1.2
Menyusun flowchart contoh algoritma sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.1
Menggunakan Perintah berdasarkan fungsi.
4.1.2
Membuat permainan menggunakan perangkat lunak animasi 3D (Alice atau
sejenis).
|
● Konsep
logika dan algoritma
● Notasi
flowchart
●
Membuat permainan sederhana menggunakan
perangkat lunak animasi 3D
|
6
|
● Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang konsep logika dan
algoritma menggunakan Flowchart
● Mengumpulkan
data tentang fungsi dan fitur perangkat lunak animasi 3D
● Mengolah
data tentang skenario algoritma permainan sesuai idenya dalam bentuk
Flowchart
● Mengomunikasikan
tentang algoritma permainan dan cara
penggunaan aplikasi animasi 3D yang dibuatnya
|
Pengetahuan:
● Tes
tertulis
Keterampilan:
● Unjuk
kerja
● Portofolio
|
3.2 Menerapkan metode peta minda
4.2 Membuat peta-minda
|
3.2.1
Menjelaskan metode peta-minda.
3.2.2
Menguraikan ide menjadi konsep.
3.2.3
Menentukan alternatif solusi pemecahan masalah.
4.2.1
Mengoperasikan perangkat lunak peta-minda.
4.2.2
Membuat peta-minda dari hasil pengembangan ide berdasarkan alternatif solusi.
|
● Metode
peta-minta untuk penguraian masalah
●
Perangkat lunak Peta-Minda
|
3
|
● Merumuskan
masalah dengan cara mengobservasi pikiran menggunakan metode peta-minda
● Mengumpulkan
data berupa kata-kunci yang terkait ide
● Mengolah
data dari kata-kata kunci yang didapat untuk dikategorikan berdasarkan
kesamaan sifat, ciri, cara kerja, atau jenis
● Memresentasikan
hasil peta-minda yang dibuat
|
Pengetahuan:
● Wawancara
Keterampilan:
● Unjuk
kerja
|
3.3 Mengevaluasi paragraf
deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif.
4.3 Menyusun kembali format dokumen
pengolah kata
|
3.3.1
Menganalisis ciri-ciri paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan
persuasif.
3.3.2
Membandingkan paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif.
4.3.1
Memanipulasi dokumen menggunakan perangkat lunak pengolah kata.
4.3.2
Membuat tulisan deskriptif.
4.3.3
Mengembangkan proposal menggunakan perangkat lunak pengolah kata.
|
● Jenis
dan ciri paragraf
●
Memformat dokumen menggunakan perangkat lunak
pengolah kata
|
6
|
● Mengamati
untuk mengidentifikasi tentang ciri-ciri paragraf berdasarkan karakterisktik
melalui contoh tulisan
● Mengumpulkan
data tentang fungsi fitur pada perangkat lunak pengolah kata dengan cara
memformat tulisan yang belum diformat
● Mengolah
data tentang fungsi fitur perangkat lunak pengolah kata dengan cara memformat
dokumen yang belum diformat
● Mengomunikasikan
tuisan deskriptif dalam bentuk proposal
|
Pengetahuan:
● Tes
tertulis
Keterampilan:
● Unjuk
kerja
● Portofolio
|
3.4 Menerapkan logika, dan operasi
perhitungan data
4.4 Mengoperasikan perangkat lunak
pengolah angka
|
3.4.1
Menjelaskan urutan kerja operator matematika.
3.4.2
Mengurutkan operator matematika sesuai hasil yang diharapkan.
3.4.3
Menentukan penggunaan fungsi logika IF, AND, OR, ELSE pada perhitungan
berkondisi.
3.4.3
Memanipulasi sel.
3.4.4
Menyalin nilai berdasarkan referensi nilai sel dan referensi alamat sel.
4.4.1
Menggunakan formula pada pemrosesan data.
4.4.2
Menampilkan data dalam bentuk grafis.
|
● Operasi
perhitungan matematika
●
Perangkat lunak pengolah angka
● Fungsi
logika pada perangkat lunak pengolah angka
● Referensi
berdasarkan sel
● Referensi
berdasarkan nilai
● Grafik
dan Diagram
|
9
|
● Mengumpulkan
data tentang operator matematika
● Mengolah
data menggunakan perangkat lunak pengolah angka
● Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang fungsi logika di
formula pada perangkat lunak pengolah angka
● Mengomunikasikan
data hasil pengolahan dan disajikan dalam bentuk grafik atau diagram
|
Pengetahuan:
● Tes
tertulis
Keterampilan:
● Unjuk
kerja
● Portofolio
|
3.5 Menganalisis fitur yang tepat
untuk pembuatan slide
4.5 Membuat slide untuk presentasi
|
3.5.1
Menjelaskan jenis, fungsi, dan keuntungan penggunaan perangkat lunak
presentasi.
3.5.2
Menentukan fitur umum yang sering digunakan pada perangkat lunak presentasi.
3.5.3
Menganalisis slide yang sesuai dengan pesan yang akan disampaikan.
4.5.1
Menggunakan fitur perangkat lunak presentasi.
4.5.2
Membuat slide presentasi yang dilengkapi dengan transisi dan animasi.
|
● Jenis
dan fungsi fitur perangkat lunak presentasi
●
Teknik merancang Slide
|
9
|
● Mengamati
untuk mengidentifikasi fungsi, jenis, dan keuntungan penggunaan perangkat
lunak presentasi
● Mengomunikasikan
cara penggunaan .perangkat lunak presentasi dalam bentuk diskusi peer
teaching dan kelompok
● Mengumpulkan
data teknik membuat slide, penyisipan objek, penambahan transisi, dan fitur
animasi pada slide
● Mengolah
data dalam bentuk tugas untuk dibuat menjadi slide sesuai perintah
|
Pengetahuan:
● Wawancara
● Observasi
diskusi
Keterampilan:
● Unjuk
kerja
● Observasi
● Portofolio
|
3.6 Menerapkan teknik presentasi
yang efektif
4.6 Melakukan presentasi yang
efektif
|
3.6.1
Menentukan desain yang efektif.
3..6.2
Membandingkan kesesuaian desain slide dengan informasi yang disampaikan.
3.6.2
Menilai teknik penyempaian presentasi orang lain.
4.6.1
Membuat slide dengan pertimbangan proporsi, komposisi, dan harmoni.
4.6.2
Melaksanakan penyampaian sesuai kaidah teknik presentasi.
|
● Faktor
yang mempengaruhi pemirsa dalam presentasi
●
Teknik mendesain slide
●
Teknik penyampaian
|
6
|
● Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang presentasi yang mampu
menarik perhatian audien berdasarkan kaidah teknik presentasi simdig
● Mengumpulkan
data tentang faktor yang mempengaruhi audien dan design slide yang efektif dan efisien
dengan pertimbangan proporsi, komposisi, dan harmoni
● Mengolah
data ke dalam slide menggunakan teknik penyusunan slide
● Presentasi
menggunakan teknik penyampaian dengan semangat dan penuh hasrat
|
Pengetahuan:
● Wawancara
Keterampilan:
● Unjuk
kerja
● Portofolio
|
3.7 Menganalisis pembuatan E-book
4.7 Membuat E-book dengan perangkat
lunak E-book Editor
|
3.7.1
Menjelaskan contoh dan kelebihan E-book.
3.7.2
Menjelaskan berbagai format E-book.
3.7.3
Mengurutkan proses konversi.
3.7.4
Memilih perangkat lunak pembaca file E-book.
3.7.5
Memilih informasi pada metadata.
4.7.1
Melaksanakan konversi file menjadi HTML.
4.7.2
Melengkapi file E-book dengan file multimedia.
4.7.3
Melengkapi daftar is pada E-booki.
4.7.4
Membuat sampul.
4.7.5
Melengkapi metadata.
4.7.6
Menampilkan file E-book
|
● Buku
elektronik (E-book)
● Prosedur
membuat E-book menggunakan Sigil
● Membuat
sampul menggunakan Ms. PowerPoint
● Perangkat
lunak pembaca file E-book
|
6
|
● Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang kelebihan E-book dan
format file
● Mengumpulkan
data tentang prosedur pembuatan E-book, meliputi konversi file, melengkapi
metadata, dan pemilihan perangkat lunak pembaca file E-book
● Mengolah
data tentang penyisipan file
multimedia ke dalam file HTML
● Mengubah
file HTML menjadi format Epub untuk dikomunikasikan melalui perangkat lunak
pembaca E-book
|
Pengetahuan:
● Tes
tertulis
Keterampilan:
● Unjuk
kerja
● Portofolio
|
3.8 Memahami konsep Kewargaan
Digital
4.8 Merumuskan etika Kewargaan
Digital
|
3.8.1
Menjelaskan konsep Kewargaan Digital.
3.8.2
Menjelaskan konsep internet safety.
3.8.3
Menjelaskan jenis virus komputer dan pencegahannya.
3.8.4
Menjelaskan simbol Creative Commons.
4.8.1
Mengimplementasikan penggunaan internet dengan aman.
4.8.2
Memilih dan memilah informasi.
|
● Konsep
Kewargaan Digital
● Cyberbulliying
dan Cyberharrasment
● Menggunakan
internet dengan aman
● Simbol
Creative Commons
|
3
|
● Mengumpulkan
data tentang Undang-Undang ITE, konsep Kewargaan Digital, dan jenis virus
komputer yang umum
● Mengolah
data kasus aktual di internet terkait pelanggaran UU ITE dan kerusakan yang
diakibatkan oleh virus
● Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang penggunaan perangkat komunikasi dan internet dengan
aman, serta memilah dan memilih informasi
● Mengomunikasikan
cara penggunaan internet dengan sehat sesuai konsep Kewargaan Digital dalam
bentuk tulisan dan presentasi publik
|
Pengetahuan:
● Presentasi
publik
Keterampilan:
● Observasi
|
3.9 Menerapkan teknik penelusuran
Search Engine
4.9 Melakukan penelusuran informasi
|
3.9.1
Menjelaskan komponen mesin penelusur.
3.9.2
Menentukan sintak penelusuran sesuai kebutuhan pencarian informasi.
4.9.1
Menggunakan sintaks penelusuran yang tepat sesuai kebutuhan pencarian informasi.
4.9.2
Melakukan penelusuran lanjutan.
|
● Komponen
dan cara kerja mesin penelusur
● Sintak
pada mesin penelusur
● Penelusuran
lanjutan
|
6
|
● Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang teknik penelusuran yang
efektif dan komponen mesin penelusur
● Mengumpulkan
data tentang beragam sintak penelusuran yang efektif
● Mengolah
data penelusuran menggunakan kombinasi beberapa sintak
● Mengomunikasikan
teknik penelusuran yang menggunakan kombinasi sintak dan tataletak urutan
kata
|
Pengetahuan:
● Tes
tertulis
● Wawancara
Keterampilan:
● Unjuk
kerja
|
3.10 Menganalisis komunikasi
sinkron dan asinkron dalam jaringan
4.10 Melakukan komunikasi sinkron
dan asinkron dalam jaringan
|
3.10.1
Membedakan jenis komunikasi sinkron-asinkron.
3.10.2
Menggambarkan proses komunikasi data sinkron dan asinkron.
3.10.3
Menyimpulkan kelebihan dan kekurangan komunikasi sinkron dan asinkron.
3.10.4
INDIKATOR SINKRON: Melakukan chatting (teks dan video).
4.10.1
INDIKATOR ASINKRON: Melakukan komunikasi menggunakan E-mail.
4.10.2
INDIKATOR ASINKRON: Melakukan publikasi konsep menggunakan Blog.
4.10.3
INDIKATOR ASINKRON: Melakukan kolaborasi Dokumen Daring (Online Documents).
4.10.4
INDIKATOR ASINKRON: Menggunakan layanan penyimpanan file Daring (Online Cloud-Storage).
|
● Prosedur
komunikasi daring sinkron dan asinkron
● Chat
● Email
● Blog
● Membuat,
mengubah, dan berbagi file Dokumen Daring
● Penyimpanan
Daring
|
9
|
● Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang kelebihan komunikasi
sinkron dan asinkron dalam jaringan
● Mengumpulkan
data proses komunikasi sinkron dan asinkron dan layanannya dalam jaringan
● Mengolah
data cara penggunaan setiap layanan sinkron dan asinkron dalam jaringan
● Mengomunikasikan
penggunaan layanan komunikasi sinkron dan asinkron sesuai kebutuhan
|
Pengetahuan:
● Tes
tertulis
● Wawancara
Keterampilan:
● Unjuk
kerja
Observasi |
3.11 Menganalisis fitur perangkat
lunak pembelajaran kolaboratif daring
4.11 Menggunakan fitur untuk
pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya)
|
3.11.1
Menjelaskan keunggulan pembelajaran jarak jauh.
3.11.2
Menerapkan prosedur pendaftaran sebagai siswa dalam kelas maya.
3.11.3
Memilih fitur yang tepat dalam aktivitas khusus sesuai perintah guru.
4.11.1
Melaksanakan tugas secara daring.
4.11.2
Menggunakan materi pelajaran, file, atau sumber belajar daring.
|
● Pembelajaran
jarak jauh
● Pemanfaatan
layanan jejaring sosial daring untuk pembelajaran
|
9
|
● Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang keunggulan belajar
jarak jauh
● Mengumpulkan
data jenis layanan jejaring sosial daring yang dapat digunakan untuk
pembelajaran
● Mengolah
data cara penggunaan layanan jejaring sosial untuk pembelajaran
● Mengomunikasikan
tentang fitur pada layanan jejaring sosial untuk pembelajaran
|
Pengetahuan:
● Tes
tertulis
Keterampilan:
● Unjuk
kerja
● Observasi
|
3.12 Merancang dokumen tahap
pra-produksi
4.12 Membuat dokumen tahap
pra-produksi
|
3.12.1
INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Memahami alur proses pembuatan video.
3.12.2
INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Membandingkan sinopsis, naskah, dan storyboard.
4.12.1
INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Membuat sinopsis.
4.12.2
INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Membuat naskah.
4.12.3
INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Mendesain karakter.
4.12.4
INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Membuat storyboard.
|
● Konsep
pembuatan video
● Teknik
pembuatan sinopsis, naskah, dan storyboard
● Desain
karakter
|
12
|
● Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang cara membuat video atau
animasi
● Mengumpulkan
data tentang perbedaan pada sinopsis, naskah, dan storyboard
● Mengolah
data cara membuat sinopsis naskah, dan storyboard
● Membuat
sinopsis, naskah, dan storyboard berdasarkan topik yang telah dipilih sesuai
plot cerita, kebutuhan tampilan visual-audio. Serta merancang desain karakter
sesuai sinopsis dan naskah (khusus animasi)
|
Pengetahuan:
● Tes
tertulis
Keterampilan:
● Unjuk
kerja
|
3.13 Menganalisis produksi video,
animasi dan/atau musik digital
4.13 Memroduksi video dan/atau
animasi dan/atau musik digital
|
3.13.1
INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Menjelaskan elemen sinopsis, naskah, dan
storyboard.
3.13.2
INDIKATOR VIDEO: Menelaah naskah untuk kepentingan penentuan lokasi, pemain,
peralatan, wardrobe.
3.13.3
INDIKATOR VIDEO: Menganalisis sinematografi.
4.13.1
INDIKATOR VIDEO: Mengoperasikan
kamera.
4.13.2
INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Menggunakan teknik penempatan dan pergerakan
kamera.
4.13.3
INDIKATOR VIDEO: Memanipulasi pencahayaan.
4.13.4
INDIKATOR ANIMASI: Mengoperasikan perangkat lunak animasi.
4.13.5
INDIKATOR ANIMASI: Melakukan modelling, texturing, rigging.
4.13.6
INDIKATOR ANIMASI: Memodifikasi objek (scalling, rotating, moving).
4.13.7
INDIKATOR MUSIK: Mengoperasikan perangkat lunak penulisan nada atau
penyunting audio.
|
● Sinematografi
dasar
● Penempatan
dan pergerakan kamera
● Konsep
pencahayaan
● Perangkat
lunak animasi 3D atau penyunting audio
|
15
|
● Mengamati
sinopsis, naskah, dan storyboard untuk mengidentifikasi kebutuhan syuting
● Mengumpulkan
data untuk penentuan lokasi, pemain, peralatan, pencahayaan, wardrobe, dan
pengambilan gambar
● Mengolah
data mencari/merancang lokasi, penyediaan pemain/karakter dan wardrobe,
penyediaan peralatan, dan pengondisian pencahayaan sesuai naskah dan
storyboard
● Membuat
video atau animasi sesuai sinopsis, naskah, dan storyboard. Khusus musik
digital: merangkai musik digital
|
Pengetahuan:
● Tes
tertulis
● Wawancara
Keterampilan:
● Unjuk
kerja
● Observasi
● Portofolio
|
4.14 Membuat laporan hasil
pasca-produksi
|
3.14.1
Menyeleksi kesesuaian hasil produksi dengan naskah
3.14.2
Memilih fitur yang tepat pada perangkat lunak penyunting video/animasi sesuai kebutuhan.
3.14.3
Menyeleksi fitur perangkat lunak rendering akhir.
4.14.1
Memodifikasi scene/objek.
4.14.2
Menggabungkan video, objek animasi, dan/atau musik digital.
4.14.3
Melakukan Rendering.
4.14.4
Menggabungkan teks pada video atau animasi.
4.14.5
Membuat laporan hasil pengelolaan proyek
|
● Perangkat
lunak penyunting video/animasi/
● Teknik
memotong dan menggabungkan scene
|
9
|
● Mengamati
untuk mengidentifikasi tentang kesesuaian hasil produksi dengan naskah
● Mengumpulkan
data bagian tahapan produksi yang tidak/belum sesuai dengan naskah maupun
arahan sutradara
● Mengolah
data untuk melakukan penyesuaian scene menggunakan perangkat lunak editor
video, animasi, atau musik digital
● Menggabungkan
setiap scene menjadi video utuh sesuai naskah. Khusus animasi: melakukan
rendering
|
Pengetahuan:
● Tes
tertulis
● Wawancara
Keterampilan:
● Unjuk
kerja
● Observasi
● Portofolio
|
Keterangan
Pengisian Format Silabus
Nama
Sekolah : diisi nama SMK yang
bersangkutan.
Bidang
Keahlian : diisi nama Bidang Keahlian sesuai Spektrum Keahlian PMK berdasarkan
Kepdirjen Nomor 4678/D/KEP/MK/2016.
Kompetensi
Keahlian : diisi
nama Kompetensi Keahlian sesuai Spektrum Keahlian PMK berdasarkan Kepdirjen
Nomor 4678/D/KEP/MK/2016.
Mata
Pelajaran : diisi nama mata pelajaran sesuai Struktur
Kurikulum berdasarkan Kepdirjen Nomor 130/D/KEP/KR/2017.
Durasi
(Waktu) : diisi jumlah waktu mata
pelajaran secara keseluruhan.
KI-1 : diisi rumusan Kompetensi Inti 1 yang dirujuk
sesuai Mata Pelajaran yang bersangkutan.
KI-2 : diisi rumusan Kompetensi Inti 2 yang dirujuk
sesuai Mata Pelajaran yang bersangkutan.
KI-3 : diisi rumusan Kompetensi Inti 3 yang dirujuk
sesuai Mata Pelajaran yang bersangkutan.
KI-4 : diisi rumusan Kompetensi Inti 4 yang dirujuk
sesuai Mata Pelajaran yang bersangkutan.
Kolom 1: diisi nomor dan rumusan pasangan KD yang
dipindahkan dari format KI dan KD mata pelajaran yang bersangkutan.
Kolom 2: diisi dengan rumusan IPK yang merupakan
rincian standar minimal kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik.
Kolom 3: diisi dengan Materi Pokok yang harus
dipelajari oleh peserta didik untuk menguasai KD berdasarkan IPK. Khusus untuk
materi mata pelajaran peminatan kejuruan (C2 dan C3) dapat mempertimbangkan KUK
dan batasan variabel/lingkup variabel/range
of variabel SKK yang diacu.
Kolom 4: diisi dengan Alokasi Waktu jam pelajaran yang
disediakan untuk mempelajari pasangan KD.
Kolom 5: diisi dengan pokok-pokok proses pembelajaran
berpendekatan saintifik sesuai dengan karakteristik pasang KD
Kolom 6: diisi dengan Aspek, Pendekatan, dan Teknik
Penilaian yang disarankan.
Komentar
Posting Komentar